PASAR KAMPUNG AMPEL 2015

 

Pasar Kampung Ampel 2015

 

UPTD Ampel mempersembahkan Pasar Kampung Ampel 2015, sebuah pasar yang mempertemukan kuliner, craft, fashion, dan warga kota Surabaya. Pasar Kampung Ampel 2015 adalah kolaborasi pemerintah Kota Surabaya, komunitas, dan warga Kecamatan Semampir dengan menggelar pasar rakyat, pawai ta’aruf, pawai drumband, pameran foto oleh Ayorek! dan Pokdarwis Ampel, pemutaran filem dokumenter, pertunjukan nasyid & gambus, dan pemutaran musik Indonesia oleh Ayren Mayden.

Pasar Kampung Ampel telah memasuki tahun kedua, digelar pada hari Minggu, 14 Juni 2015 di sepanjang Jalan Sasak, Surabaya, dimulai pukul 11.00 hingga pukul 22.00.

Jalan Sasak menjadi tempat Pasar Kampung Ampel karena Jalan Sasak adalah salah satu titik ekonomi utama di Kampung Arab Surabaya, salah satu jalan tersibuk di Surabaya. Kampung Arab Surabaya ditinggali oleh warga keturunan Yaman, India, Tionghoa, Madura, Banjar, dan Jawa, meliputi dua kelurahan, Kelurahan Ampel dan Kelurahan Nyamplungan yang berada di kawasan Kota Lama, Surabaya Utara. Jalan Sasak menjadi jalan penghubung menuju titik ekonomi lainnya yaitu Gang Ampel Suci (Pasar Gubah), Jalan KH Mas Mansyur, dan Jalan Panggung (Pasar Pabean). Di Jalan Sasak terdapat lebih dari 30 toko yang beroperasional di jalan sepanjang 700 meter dengan trotoar selebar 1 meter di satu sisi jalan. Toko kitab, toko parfum, toko kurma, toko sarung, toko perlengkapan muslim, toko oleh-oleh haji, dengan papan nama yang klasik dari papan kayu yang digambar manual. Berderet nama toko yang menggugah untuk dikenang seperti “Terkenal”, “Shaat”, “Al-Fadilah”, “Abdul Azis”, “Roma”, “Pustaka AS”, “Al- Hijaaz”.

Pasar Kampung Ampel diorganisir oleh Soledad & The Sisters Co.

Info: Adil Albatati (0856 311 2030) | public.satsco@gmail.com