Sunday Market vol. 3 NYC

SM-NYC-E-Posters

DOWNLOAD PRESS RELEASE

“A flea market type of bazaar that rents space to people who want to sell or barter merchandise ranging from low quality items to bargain priced items of the highest quality or used goods”

ABOUT

SUNDAY MARKET is a conceptual market which combining four elements : Fashion, Music, Art and Good Food blending into one packed of entertainment. Held in Surabaya Town Square, designed and merchandised to meet the needs of buyers of moderate, better and contemporary collections.

EVENT CONTENT

  • Sunday Market Website Launching
  • 124 booths of selected tenants
  • Flea / Labels Market
  • Art Market & Pop up Gallery
  • Music Stage + DJ’s
  • Food Market, Cooking Demos & Banquet Treat
  • Group Discussion by Creative Weekend & C2O Library
  • The Sunday Paper
  • Record Market by Potlatch
  • Organics Farmers Market
  • Sunday Market Radio (Live Streaming!)
  • Sunday Market Podcast Radio
  • In house running TV
  • Children Playground

DATE / TIME

Sunday, September 1st 2013
12am – 12pm

TALENTS

The S.I.G.I.T  (BDG)
Berlin NightClub (SBY)
Cotswolds (SBY)
MMiH (SBY)
Sunday Market DJ’s (SBY)

VENUE

Surabaya Town Square
Raya Adityawarman No.55 Surabaya

AUDIENCE

From teenage to youngsters, suitable for kids and family too, giving them the unique shopping and fooding experience and designed to build a good vibe in a cozy Sunday atmosphere.

ORGANIZE

By Soledad & The Sisters Co, CreativeWeekend, and Surabaya Town Square


SUNDAY MARKET Vol. 03 “NYC”

A Short Story Brief by Alek Kowalski

“SUNDAY MARKET is a conceptual flea market combining four elements—Fashion, Music, Art and Good Food—into one packed of entertainment. Held in Surabaya Town Square, designed and merchandised to meet the needs of buyers of moderate, better, and contemporary collections. From teenage to youngsters, suitable for kids and family too, giving them the unique shopping experience and designed to build a good vibe in a cozy Sunday atmosphere.”

Konsep Sunday Market sudah lama digagas dengan harapan dan mimpi-mimpi yang pada waktu itu mungkin sangat sulit untuk diwujudkan, tapi akhirnya, tahun lalu, terwujud juga Sunday Market vol. 1 dengan tema yang terinspirasi dari hippie subculture di tahun 70an “Hippieland”. Jumlah pengunjung yang datang pun jauh melampau harapan kami, dari hanya 4.000 pengunjung yang kami targetkan, berkembang menjadi hampir sekitar 10.000 pengunjung! Dan yang lebih menggembirakan adalah testimonial dari rekan, teman-teman, pendukung acara  dan terutama visitors yang datang ke acara  sangat positif.

Cukup positif untuk membuat kami yakin untuk membuat sekuelnya yaitu Sunday Market vol. 2 “London Calling”. Terinspirasi dari 80’s British cult Subculture (Punk, New Waves dan Effortlesly Cool British Fashion) acara ini juga sukses membawa nuansa kental British culture ke dalam area Surabaya Town Square. Dimeriahkan juga oleh 90’s indie pop egendary band “rumahsakit” yang pada waktu itu manggung untuk pertama kalinya di Surabaya setelah hampir 11 tahun vakum. Lebih dari 13.000 visitors memadati atrium Surabaya Town Square—sebuah jumlah yang spektakuler mengingat acara ini hanya diadakan dalam 1 hari.

Kali ini, di Sunday Market yang ke. 3, kami mengambil tema “New York City”, the city that never sleeps, the big apple. Kita terbang 16.174 kilometer ke New York City dimana kultur art dan musik mengambil alih segalanya. Salah satu kota terpadat di dunia dengan populasi 8.336.697 orang yang terdiri dari berbagai macam suku dan ras. Kondisi demografis yang unik ini pula yang kita yakini sangat berpengaruh pada proses akulturasi  perkembangan budaya dan kultur kota New York (terutama art, fashion, music and food).

Kondisi geografis kota New York yang terletak di salah satu pelabuhan terbesar di dunia membuat kota ini sangat sibuk, terdiri dari lima district utama yaitu : The Bronx, Brooklyn, Manhattan, Queens, dan Staten Island. Masing – masing district yang terlahir dari sejarah yang panjang  dengan keunikannya sendiri-sendiri. The Bronx yang terkenal dengan kultur grafitti dan street art; Brooklyn yang terkenal dengan musisi-musisi punk dan electronic, Manhattan district ketiga yang super sibuk dengan gedung-gedung pencakar langit dan high fashion, Queens dengan populasi yang paling beragam (lebih dari 100 nationality yang berbicara 138 bahasa!) dan yang terakhir adalah Staten Island, satu-satunya district yang terpisah dan tidak terhubung oleh subway system kota New York (terhubung melalui New York Bay).  Keunikan kelima district ini pulalah yang menginspirasi kami untuk membuat konsep Sunday Market kali ini dengan mengkombinasikan kelimanya dengan konsep utama Sunday Market (Fashion, Music, Art dan Good Food).

The Bronx : Untuk pertama kalinya di sejarah Sunday Market, kami membangun sebuah pop up art space / gallery di dalam area Surabaya Town Square, dengan menggunankan unit loft yang tidak terpakai. Kondisinya kami sengaja biarkan di kondisi sebenarnya sehingga menimbulkan kesan raw dan industrial. Beberapa seniman graffiti terbaik Surabaya kami ajak untuk bergabung dan berkolaborasi bersama dalam sebuah pameran yang bertajuk “Go Home You’re Drunk!“. Graffiti artist/street artist yang terlibat dalam project ini yaitu Uncle Twist, Pino, YZRL, Munkie Strike, Tank, Iyan, Fabian, Sleepy One, Ayibc, ADR1, iconic 5tncl.

Brooklyn: The Brooklyn Stage, kali ini menampilkan musisi – musisi terkeren: Berlin NightClub, MMiH, Costwolds dan yang terakhir musisi rock n roll terbaik dari kota kembang The S.I.G.I.T! Kami juga mengundang musisi – musisi lokal untuk turut berpartisipasi di dalam program kita “Streetstyle Music Performance” yang terinspirasi dari musisi-musisi jalanan kota New York.

Manhattan: Kami coba membawa nuansa downtown kota Manhattan ke dalam atrium Surabaya Town Square, menambahkan dengan New York style Flea Market dan Fashion Market (Labels Market).

Queens: Salah satu mimpi kami  yang coba untuk diwujudkan di Sunday Market kali ini adalah adanya kegiatan culinary experiences yang ditujukan untuk visitors Sunday Market, dan The Queens Banquet adalah jawabannya. Sebuah area dengan kapasitas  kurang lebih 60 orang kami persiapkan, dilengkapi dengan fasilitas cooking demo pad di mana akan ada dua sesi cooking demo dari ahli-ahli kuliner  yang akan diakhiri dengan membagikan secara gratis—ya, secara gratis!—makanan yang dimasak.

Staten Island: Besarnya tingkat populasi daerah perkotaan dan berkurangnya area bercocok tanam menginspirasi kami untuk mengajak teman-teman dari komunitas Surabaya Berkebun (@srbyberkebun), Komunitas Desa Made, komunitas tani mandiri dari kota Batu, dan SetARA Studio untuk bersama – sama berkolaborasi membuat campaignUrban Farming“.  Dan untuk pertama kalinya kami akan membangun sebuah wahana Farmers’ Market, dimana disitu kami akan mengkampanyekan kegiatan “Urban Farming” dan kami juga akan menjual hasil – hasil alam yang ditumbuhkan secara organic dan olahannya  dengan harga yang amat terjangkau.

Dalam Sunday Market kali ini kami juga ingin sedikit bereksperperimen, dengan menambahkan beberapa fasilitas untuk pengunjung / visitors Sunday Market. Yang pertama adalah “Sunday Market Radio”  mengudara tanpa frekwensi dan disiarkan langsung melalui live streaming (melalui internet) yang bisa langsung diakses dari website baru kami : www.sundaymarketSBY.com, dipandu oleh our fellow friends Gagah Diorama dan Nindy, yang akan mengudara langsung dari Sunday Market Studio Pad di atrium Surabaya Town Square. Yang kedua adalah Free Hotspot Wifi Area, dimana pengunjung dapat menikmati fasilitas gratis internet tanpa batas di area Surabaya Town Square, cukup dengan memasukkan nomor telepon untuk melakukan registrasi.

Untuk pengunjung Sunday Market yang sudah berkeluarga juga tidak perlu khawatir karena kami melengkapi Sunday Market kali ini dengan Children Playground, dan berita bagusnya adalah kami membuatnya dua kali lebih besar! Di Surabaya Town Square juga terdapat masing – masing 1 buah Nursery Room untuk menjamin kenyamanan pengunjung yang mempunyai balita.

Berawal dari mimpi kecil yang ternyata harus menunggu selama lima tahun untuk diwujudkan, Sunday Market kini telah menjadi salah satu acara yang paling ditunggu dan kami sangat menantikan setiap saatnya untuk terus ada dan memberikan manfaat kepada industri lokal, komunitas muda dan creative industry, khususnya di Surabaya dan sekitarnya. Akhir kata, kami ucapkan selamat menikmati Sunday Market Vol. 3 “NYC” semoga semua terhibur dan pulang dengan membawa pengalaman dan pengetahuan baru.

MEDIA RELATED PLEASE CONTACT 

Alek           081 7500 3270

Tinta          0856 454 38964

Soledad & The Sisters Co
ORE Building
Untung Suropati 83
Surabaya East Java
60264

P : +6231 5682074
F : sundaymarketSBY
T : @sundaymarketSBY
E : sundaymarketSBY@gmail.com
W : www.sundaymarketSBY.com